get app
inews
Aa Read Next : 5 Permintaan LDII untuk Presiden dan Wapres RI Terpilih

Senator Bustami Zainudin: Pengembangan UMKM Strategis untuk Kebangkitan Ekonomi Nasional

Senin, 24 Oktober 2022 | 17:53 WIB
header img
Senator Bustami Zainudin: Pengembangan UMKM Strategis untuk Kebangkitan Ekonomi Nasional, Foto: DPD RI.

WAY KANAN, iNewswaykanan.id -Senator Bustami Zainudin sangat berpihak dan peduli dalam pembinaan dan kemajuan UMKM. Dengan mengandeng 3 Bank BUMN sekaligus yaitu BRI, BNI dan Bank Mandiri, Bustami menginisiasi Sosialisasi Program KUR untuk UMKM, di GSG Budaya Kemiling Bandar Lampung, Minggu (23/10/2022).

Dihadapan 50 han lebih peserta sosialisasi, para narasumber memberikan penjelasan terkait kemudahan akses bagi UMKM untuk mendapatkan program KUR. 

Dengan kemudahan nya, menjadikan program ini jadi primadona bagi UKM, terbukti dari plafon yang ada, khusus Bank BRI saja, sudah mencapai target 107% per bulan September 2022 ini. Walau plafon yang diberikan relatif lebih kecil bagi BNI dan Bank Mandiri, minat UMKM untuk bisa mendapatkan program KUR juga relatif tinggi.

Pihak BRI menyampaikan bahwa bagi UMKM, khususnya calon pengusaha Super Mikro (dengan plafon pinjaman maksimal sampai dengan 10 juta), calon nasabah cukup membawa persyaratan Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan, Foto Kopi KTP dan KK.

 Dengan catatan, calon nasabah harus clean n clear, artinya tidak boleh punya pinjaman usaha apalagi tunggakan di bank lain atau peminjaman lain yang berbasis data diri, termasuk pinjaman online.

Hal ini sangat di tekankan dikarenakan dengan sistem yang ada sekarang ini, semua data telah terkoneksi secara online. 

"Dihimbau kepada masyarakat, terkait keamanan data diri kita, KTP dan KK. Jangan mudah dipinjamkan kepada orang lain, dengan alasan apapun. Karena bisa disalahgunakan oleh orang lain, dan sangat merugikan," ujar Senator.

"Program KUR telah menjadi prioritas pemerintah dalam upaya kebangkitan ekonomi nasional. Bahkan Bapak Presiden telah menyampaikan bahwa untuk tahun 2024 program ini akan diberikan dana sampai Rp1.800 Triliun," terangnya.

Di kesempatan yang sama, perwakilan dari BNI menyampaikan kabar yang juga sangat menggembirakan, dimana bagi masyarakat Bandar Lampung, yang punya usaha dan ingin meminjam dana KUR, akan mendapatkan double subsidi.

 Hal ini bisa dilakukan karena BNI Bandar Lampung telah menjalin kerjasama dengan Pemkot Bandar Lampung. Bunga KUR yang besarannya hanya 6% setahun adalah hasil dari kebijakan subsidi pemerintah. Nah Kota Bandar Lampung melalui Dinas terkait, akan membayar bunga KUR tersebut bagi para nasabah.

 "Ini satu bentuk kolaborasi dan sinergi yang luar biasa. Tentu, bagi masyarakat yang akan meminjam, syarat dan ketentuan tetap berlalu," katanya. 

Bustami Zainudin, yang saat menjabat Bupati Way Kanan dikenal sebagai Bupati Mulang Tiyuh ini, sangat mengapresiasi program KUR ini. Program yang luar biasa dan sangat berpihak kepada masyarakat. Suksesnya program KUR akan sangat berdampak pada kesejahteraan masyarakat. 

Oleh karenanya masyarakat jangan ragu. Silahkan mengakses program KUR, jangan ragu. Silahkan pinjam, sesuai kebutuhan, tapi mesti disiplin membayar angsurannya. Agar supaya program ini terus berkembang, dan usaha kita makin berkembang dan maju.

Mas Suhaili Muhaimin, selalu inisiator kegiatan sekaligus tuan rumah sangat antusias menyambut program ini. Insya Allah Pujakesuma dan GSG Budaya Kemiling selalu siap memfasilitasi kegiatan kegiatan bagi pemberdayaan masyarakat. Kegiatan juga dimeriahkan dengan senam bersama oleh Senam Tera Indonesia.

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut