BANDAR LAMPUNG, iNewsWayKanan.id - Untuk pertimbangan keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api (KA) serta keselamatan para calon penumpang KA, Senin (1/5/2023) beberapa perjalanan KA di wilayah Divre IV Tanjungkarang dibatalkan beroperasi.
Pembatalan operasi Kereta api tersebut diantaranya Sbb:
1. KA Kuala Stabas (S6) Relasi Tanjungkarang-Baturaja keberangkatan dari St. Tanjungkarang pukul 06.30 WIB.
2. KA Kuala Stabas (S5) relasi Baturaja-Tanjungkarang keberangkatan dari Stasiun Baturaja pukul 06.30 WIB.
3. KA Kuala Stabas (S8) Relasi Tanjungkarang-Baturaja keberangkatan dari St. Tanjungkarang pukul 13.30 WIB.
4. KA Kuala Stabas (S7) relasi Baturaja-Tanjungkarang keberangkatan dari Stasiun Baturaja pukul 14.00 WIB.
5. KA Ekspres Rajabasa (S12) relasi Tanjungkarang-Kertapati keberangkatan dari Stasiun Tanjungkarang pukul 08.30 WIB.
6. KA Ekspres Rajabasa (S11) relasi Kertapati-Tanjungkarang keberangkatan dari Stasiun Kertapati pukul 08.30 WIB.
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre IV Tanjungkarang menyampaikan permohonan maaf atas adanya gangguan perjalanan KA akibat ambelesan di 2 titik jalur KA terkena ambelasan tersebut.
“Kondisi jalur sampai dengan saat ini blum bisa dilalui oleh kereta api karena adanya amblesan yg merupakan dampak dari gangguan kondisi alam. Sebelumnya penanganan normalisasi jalur di km 206 petak jalur antara Gilas - Sepancar sudah selesai kami lakukan dan telah dilakukan ujicoba perjalanan kereta api melintasi jalur hilir dengan kecepatan terbatas. Namun, hingga saat ini lokasi ex amblesan tersebut kembali diguyur hujan cukup deras dan terdapat indikasi ambelesan dititik lainnya yakni di km 152/+2 petak jalur antara Negeri Agung-Belambangan Umpu,” ujar Pelakhar Manager Humas Divre IV Tanjungkarang, M Reza Fahlepi.
“Kami atas nama Manajemen KAI Divre IV Tanjungkarang mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat jalur KA terkena ambelasan di wilayah tersebut,” kata Reza.
Para pelanggan yang terdampak telah kami informasikan seluruhnya terkait kondisi terbaru perjalanan KA-nya dan disarankan untuk mencari alternatif transportasi lainnya serta melakukan pembatalan tiket dengan pengembalian 100% diluar bea pemesanan. Info selengkapnya terkait perjalanan KA, pelanggan dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.
Reza menambahkan, penanganan dilakukan baik dari sisi pengaturan operasional KA maupun prasarana jalur KA. Dalam upaya normalisasi ini, seluruh jajaran KAI hingga level Direksi turun langsung ke lapangan untuk ikut memastikan progres pengerjaannya. KAI juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mempercepat proses perbaikan.
Petugas KAI telah melakukan berbagai langkah dan upaya bekerja secara terus menerus untuk normalisasi, menguatkan pondasi, menambah batu balas/kricak, dan memadatkan jalur KA dengan menggunakan alat berat serta melakukan penambahan jumlah personil di lokasi ambelesan.
“Kami berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA. Semoga cuacanya mendukung dan ambelesan segera teratasi agar jalur kereta api yang terdampak kembali normal serta perjalanan kereta api dapat beroperasi dengan lancar,” tutup Reza.
Editor : Yuswantoro