get app
inews
Aa Read Next : Bersama Warga Blambangan Umpu, Wakil Bupati Way Kanan Ali Rahman Sholat IdulFitri di Masjid At Taqwa

Upacara Hari Lahir Pancasila, PAC Ansor Blambangan Umpu Turut Hadir bersama Unsur Ormas Lainnya

Kamis, 01 Juni 2023 | 21:25 WIB
header img
Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, PAC Ansor Blambangan Umpu Turut Hadir bersama Unsur Ormas Lainnya, Foto: SMSI Way Kanan.

WAY KANAN, iNewsWayKanan.id - Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ansor Blambangan Umpu ikut hadir dalam pelaksanakan upacara peringatan hari lahirnya Pancasila, bertempat di lapangan Kantor Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan, Kamis (01/06/2023).    

Kegiatan upacara ini dipimpin langsung oleh Camat Blambangan Umpu Achmad Syapari, dengan dihadiri para ASN Kecamatan Blambangan Umpu, Puskesmas, Pengurus Karang Taruna Kecamatan Blambangan Umpu, Kelurahan, BPK Kampung, Pemdamping PKH, Pendamping Lokal Desa, PAC Ansor Blambangan Umpu, serta siswa-siswi dari SMAN dan SMPN Blambangan Umpu.

Upacara dimulai pada pukul 07.30 WIB, dengan pengibaran sang saka merah putih dihadapan peserta upacara.

Adapun tema dalam Peringatan hari lahir Pancasila yang diperingati tanggal 1 Juni tahun 2023 yakni "Gotong Royong Membangun Peradaban Dan Pertumbuhan Global".

Dalam upacara, Camat Blambangan Umpu Acmad Syapari membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo "bahwa Upacara ini meneguhkan komitmen kita agar kita lebih mendalami, lebih menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, sebagai dasar berbangsa dan bernegara," kata Presiden Jokowi saat dibacakan Camat Blambangan Umpu.

"Pancasila merupakan hasil dari sebuah rangkaian proses, yaitu rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan oleh lr. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945," terangnya.

"Adalah jiwa besar para founding fathers kita, para ulama, para tokoh agama, dan para pejuang kemerdekaan dari seluruh Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan yang mempersatukan kita," imbuhnya.

"Harus diingat bahwa kodrat bangsa lndonesia adalah kodrat keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Dari Miangas sampai Rote adalah keberagaman.

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut