get app
inews
Aa Read Next : Penerimaan Anggota Polri 4.0, Polres Way Kanan Ajak Pemuda Pemudi Daftar Polisi

4 Capaian Polri pada Akhir Tahun Tuai Apresiasi

Kamis, 28 Desember 2023 | 10:05 WIB
header img
Tuai Apresiasi, 4 Capaian Polri Diungkap di Rilis Akhir Tahun, Foto: Polri

Rinciannya, di bidang proses administrasi laporan, 3,5 persen responden menjawab sangat puas, 72,6 persen sangat puas, 22,2 persen tidak puas, dan 1,7 persen sangat tidak puas.

Di bidang keterbukaan informasi laporan, 3,1 persen sangat puas, 73,2 persen puas, 22,4 tidak puas, dan 1,3 persen sangat tidak puas.

Sementara itu, terkait hasil penyelesaian laporan, 3,7 persen responden sangat puas, 72,5 responden puas, 21,7 persen tidak puas, dan 2,1 persen sangat tidak puas.

3. 89% Publik Puas Atas Tugas Polri Jaga Kamtibmas

Tak jauh berbeda, tugas Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban pun dinilai sangat positif oleh publik. Lebih dari 89 persen responden sepakat menyatakan puas dengan upaya Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

4. Mayoritas Publik Puas Kinerja Polri soal Pengaduan Masyarakat

Survei juga mencakup soal pengaduan masyarakat. Ketika ditanya melalui apa saja masyarakat bisa melakukan pengaduan jika terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh Polisi, mayoritas responden dengan angka 68,7 persen menyatakan pengaduan dapat dilakukan dengan mendatangi langsung kantor polisi.

"Dalam model jawaban multiple response, selain datang langsung ke kantor polisi, sekitar seperlima bagian responden menjawab pengaduan dapat melalui layanan call center Polri. Lalu ada sekitar 16,8 persen responden yang memilih melakukan pengaduan lewat media sosial," ujarnya.

Litbang Kompas memaparkan hasil survei masyarakat ini juga memberikan catatan pada sejumlah aspek layanan pengaduan pelanggaran anggota yang perlu diperbaiki. Respons pengaduan serta kemudahan akses layanan aduan mendapat sorotan paling tinggi masing-masing dari sekitar dua perlima bagian responden masyarakat. Selain itu, ada sepertiga bagian publik lainnya yang berharap ada perbaikan dari sisi transparansi proses pengaduan.

"Dalam hal ini, selain kemudahan akses di awal proses pengaduan, publik tampaknya juga mengharapkan proses berjalannya pengaduan dapat terus terinformasi dengan baik secara terbuka. Sekalipun demikian, secara umum apresiasi publik tergolong tinggi, mencapai tak kurang dari 85 persen responden menyatakan puas terhadap layanan pengaduan pelanggaran anggota Polri," ujarnya.

Editor : Yuswantoro

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut