get app
inews
Aa Read Next : Penerimaan Anggota Polri 4.0, Polres Way Kanan Ajak Pemuda Pemudi Daftar Polisi

4 Capaian Polri pada Akhir Tahun Tuai Apresiasi

Kamis, 28 Desember 2023 | 10:05 WIB
header img
Tuai Apresiasi, 4 Capaian Polri Diungkap di Rilis Akhir Tahun, Foto: Polri

Banyak Pihak Beri Apresiasi

Merespons hasil survei Litbang Kompas, sejumlah elemen masyarakat hingga organisasi masyarakat memberikan apresiasi. Bahkan, Komisi III DPR RI juga tidak luput memberikan pujiannya atas kinerja Polri belakangan ini.

Salah satunya yakni, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) mendukung pengawasan melekat yang dilakukan Polri ke jajaran dalam rangka mencegah dan menindaklanjuti pelanggaran oleh anggotanya. KAMMI mengatakan mengukur kualitas penerapan pengawasan melekat tepat dilakukan dengan survey publik, lantaran masyarakatlah yang bersentuhan dengan urusan pelayanan Polri.

"Masyarakatlah yang paling banyak bersentuhan dengan pelayanan Polri. Kemudian hasil survei menunjukkan peningkatan kepercayaan publik terhadap Polri," kata Ketum KAMMI, Zaky Ahmad Rivai, kepada wartawan, Rabu (27/12).

Kemudian, PP Muhammadiyah juga turut memberikan apresiasi. Muhammadiyah menilai survei itu menunjukkan reformasi Polri yang dipimpin Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membuahkan hasil.

"Kami mengapresiasi peningkatan kualitas layanan polisi sebagaimana ditunjukkan oleh survei Kompas. Survei itu menunjukkan hasil reformasi kepolisian yang dipimpin oleh Kapolri," kata Sekum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, kepada wartawan, Rabu (27/12).

Mu'ti mengatakan masih ada sejumlah catatan yang perlu dibenahi. Namun dia mengatakan, secara umum, citra kepolisian telah meningkat.

"Ke depan, masyarakat mengharapkan polisi yang lebih humanis, melayani, profesional, dan netral sesuai dengan semboyan dan program Presisi yang dicanangkan Kapolri," ujar Mu'ti.

Selain itu, apresiasi juga datang dari Wakil Ketua Komisi III DPR Habiburokhman. Mitra kerja Polri ini bangga atas capaian Polri.

"Sebagai pimpinan Komisi III kami sangat babgga dengan hasil survei litbang Kompas tersebut. Tingkat kepuasan 87,8 % ini membuktikan kerja keras Pak Kapolri dan jajarannya dalam menegakkan hukum benar-benar dirasakan manfaatnya oleh rakyat," kata Habiburokhman saat dihubungi, Kamis (28/12/2023).

Dia menyebut dari capaian itu ada sejumlah perubahan yang terjadi pada Polri. Menurutnya, yang paling menonjol yakni pada sektor pelayanan.

"Menurut saya yang paling menonjol adalah sektor pelayanan kepada masyarakat seperti penerbitan surat izin mengemudi dan surat keterangan catatan kepolisian. Dengan memanfaatkan teknologi, prosesnya menjadi cepat dan murah," ucapnya.

Editor : Yuswantoro

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut