get app
inews
Aa Read Next : Profil Andriano Dwiki Agusta Ketua DPD PAN Way Kanan yang Calonkan Diri sebagai Caleg DPRD Lampung

Jadi Salah Satu Suku Terbesar di Indonesia, Inilah 9 Fakta Unik Suku Batak

Jum'at, 23 September 2022 | 14:07 WIB
header img
Jadi Salah Satu Suku Terbesar di Indonesia, Inilah 9 Fakta Unik Suku Batak, Foto: iNews.id

4. Cicak dan Suku Batak

Cicak menjadi salah satu hewan yang menjadi lambang khusus bagi suku Batak. Lambang cicak ini biasa dijumpai di rumah suku Batak. Hal ini menjadi panutan karena cicak mudah beradaptasi dan bertahan hidup dimanapun. Dapat diartikan suku Batak harus pergi keluar daerah untuk mencari peruntungan dan harus bisa beradaptasi dimanapun dia berada.

5. Tuhor 

Tuhor merupakan uang yang nantinya akan digunakan untuk membeli perempuan ketika seorang laki-laki akan melamar. Tuhor digunakan sebagai biaya pernikahan, seperti membeli kebaya pengantin perempuan dan memenuhi perlengkapan pernikahan lainnya.

Hal ini biasanya tergantung kepada kesepakatan dari kedua belah pihak. Besarnya Tuhor yang diberikan biasanya tergantung pada tingkat pendidikan dan posisi pekerjaan perempuan. Semakin tinggi tingkat pendidikan atau posisi pekerjaan, maka semakin besar Tuhor yang diberikan. 

6. Boleh Menikah Dengan Sepupu

Salah satu adat suku Batak yaitu diperbolehkan menikah dengan sepupu. Namun, sepupu yang akan dipilih tidak sembarangan. Pernikahan dengan sepupu atau biasa disebut dengan Pariban bisa dilakukan jika orangtua seorang perempuan, maka orang tua dapat menikah dengan anak laki-laki dari adik perempuan ayah. Jika orang tua seorang laki-laki, maka diperbolehkan untuk menikah dengan anak perempuan dari adik laki-laki ibu.

7. Tidak Boleh Menikah dengan Satu Marga

Suku Batak tidak memperbolehkan menikah dengan satu marga. Alasannya, beberapa marga dalam suku Batak masih dianggap sebagai silsilah yang berarti masih termasuk kedalam keluarga. 

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut