Logo Network
Network

Jadi Salah Satu Suku Terbesar di Indonesia, Inilah 9 Fakta Unik Suku Batak

Nani Suherni
.
Jum'at, 23 September 2022 | 14:07 WIB
Jadi Salah Satu Suku Terbesar di Indonesia, Inilah 9 Fakta Unik Suku Batak
Jadi Salah Satu Suku Terbesar di Indonesia, Inilah 9 Fakta Unik Suku Batak, Foto: iNews.id

Oleh karena itu jika masih satu marga tidak diperbolehkan untuk menikah. Hal ini juga menjadi sebuah tradisi jika dalam sebuah perkenalan dengan orang baru hal yang pertama kali ditanyakan adalah marganya.

8. Memiliki Beberapa Sub Suku

Sama seperti suku Jawa, suku Batak juga terdiri dari berbagai sub suku. Dilansir dari Tarombo Borbor Marsada, suku Batak memiliki 11 sub suku yang tercatat, yaitu Batak Karo, Batak Toba, Batak Papa, Batak Simalungun, Batak Angkola, Batak Mandailing, Batak Dairi, Batak Nias, Batak Alas, Batak Gayo, dan Batak Kluet.

9. Konsep Rumah Batak

Rumah adat dari suku Batak memiliki ciri khas bentuk atap yang melengkung dan pada ujung atas sebelah depan diletakkan kepala tanduk kerbau, sehingga rumah adat ini berbentuk menyerupai kerbau. Atap yang melengkung seperti punggung kerbau dan tiang-tiang pada kolong rumah adalah sebagai kaki kerbau.

Itu 9 daftar fakta unik suku Batak yang menarik untuk diketahui, dari fakta-fakta di atas memiliki keragaman nilai budaya yang diterapkan untuk mengatur norma yang berlaku di masyarakat.

*Sumber iNews.id, Judul: Fakta Unik Suku Batak 

 

 

 

 

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.