get app
inews
Aa Read Next : Lapas Way Kanan Bersama Puskesmas Negeri Baru Gelar Penyuluhan Kesehatan Bagi Warga Binaan

Banyak Digunakan Kalangan Remaja, Ini Penjelasan Apakah Vape Lebih Berbahaya dari Rokok

Jum'at, 29 Desember 2023 | 19:05 WIB
header img
Banyak Digunakan Kalangan Remaja, Ini Penjelasan Apakah Vape Lebih Berbahaya dari Rokok, Foto: iNews.id

JAKARTA, iNewsWayKanan.id - Vape atau rokok elektrik adalah produk yang bekerja dengan memanaskan cairan mengandung nikotin, pelarut, dan perasa untuk kemudian menghasilkan uap agar dihirup penggunanya, seperti dikutip dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Apakah vape lebih berbahaya dari rokok kerap menjadi pertanyaan.

Diketahui bahwa, hingga pada tahun 2023, vape banyak digunakan oleh kalangan remaja. Karena dinilai minim akan zat berbahaya dan tidak mengeluarkan tar, vape juga kerap dipilih jika seseorang ingin berhenti menggunakan rokok tembakau.

Namun, apakah anggapan tersebut benar atau justru vape lebih berbahaya dibandingkan rokok konvensional? Simak ulasannya berikut ini.

Apakah Vape Lebih Berbahaya dari Rokok?

Dilansir dari situs Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Jumat (29/12/2023), vape memang tidak lebih berbahaya dibandingkan rokok konvensional. Akan tetapi, hal ini bukan berarti bahwa vape aman.

Perlu dicatat bahwa vape masih tergolong baru, sehingga efek jangka panjang dari vaping masih belum jelas. Namun pada tahun 2019, peningkatan signifikan dalam kasus cedera paru-paru terjadi pada pengguna vape, melansir dari situs Healthline.

Aerosol vape mengandung zat berbahaya, termasuk nikotin, logam berat seperti timbal, senyawa organik yang mudah menguap, dan zat penyebab kanker. Pada dasarnya, vaping dan merokok memiliki banyak risiko kesehatan yang sama. 

Namun terdapat beberapa perbedaan dalam tingkat keparahan risiko ini. Berikut ini perbandingan beberapa risiko kesehatan terbesar di antara keduanya:

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut