get app
inews
Aa Read Next : Jelang Lebaran, Jasad Pelajar Ditemukan Tewas dalam Kondisi Gantung Diri di Lampung

Senator DPD RI Bustami Zainudin: Sarjana Harus Adaptif Terhadap Perubahan

Jum'at, 19 Januari 2024 | 08:52 WIB
header img
Senator DPD RI Bustami Zainudin: Sarjana Harus Adaptif Terhadap Perubahan, Foto: Kantor DPD RI

Dalam era globalisasi disemua sektor dewasa ini, persaingan begitu nyata, keras dan berat. Baik di tingkat lokal, nasional apalagi di tingkat internasional. Untuk bisa masuk dalam persaingan maka hanya pribadi yang kuat, tangguh, berkualitas dan berkarakter, didukung dengan soliditas jaringan yang mampu memenangkan pertarungan. Keberadaan IKA FKIP yang kuat, menjadi sangat penting dan strategis untuk memberikan dukungan bagi para alumni.

Dengan demikian, pengalaman belajar yang berkualitas selama di kampus dan kemauan untuk terus belajar, untuk menyiapkan diri menjadi pribadi yang unggul tentu akan menjadi bekal terbaik untuk memasuki pertarungan global.

Khusus bagi adik adik alumni yang mau berkhikmat dibidang pendidikan, mengabdi menjadi guru, Bustami juga mengingatkan bahwa tantangan yang dihadapi juga tidak mudah. Guru hari ini harus jauh lebih hebat dari guru guru jaman dahulu, karena tuntutan dan perubahan sosial masyarakat sudah begitu jauh berbeda. Apa yang terjadi hari ini di dunia pendidikan, mungkin terbayangkan saja tidak pada jaman dahulu. Contoh konkrit kekerasan dan bullying, dan tindakan pelanggaran hukum lain yang terjadi di lingkungan pendidikan, yang korbannya bisa guru, bisa juga siswa. Pelakunya bisa guru, siswa maupun masyarakat/ortu siswa itu sendiri.

Melihat kondisi demikian, maka Kampus, khususnya lembaga LPTK termasuk didalamnya FKIP Unila mesti juga sangat adaptif terhadap perubahan yang ada. Kampus harus fokus untuk bisa melahirkan guru guru hebat, pendidik pendidik hebat sesuai jamannya. Kalau tidak, maka sangat mungkin kampus ini akan ditinggalkan, atau kalaupun masih dipaksakan ada, maka lulusannya akan makin sulit bersaing di percaturan global.

"Memang benar kondisi pendidikan kita belum sepenuhnya baik. Namun kita yakin dan percaya, dengan komitmen, sinergi, dan kolaborasi seluruh stakeholder yang makin kuat dan solid, dengan berbagai inovasi, improvisasi, dan penerapan praktek praktek baru yang unggul, kondisi ke depan pasti akan lebih baik," pungkasnya.

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut