get app
inews
Aa Read Next : Bersama Pemkot, DPD LDII Cilegon Berikan Santunan Anak Yatim-piatu dan Dhuafa

Musibah Banjir Saat Ramadan, Ketum LDII Ajak Bijak Tangani Lingkungan

Senin, 18 Maret 2024 | 22:39 WIB
header img
Musibah Banjir Saat Ramadan, Ketum LDII Ajak Bijak Tangani Lingkungan, Foto: LDII

JAKARTAiNewsWayKanan.id -  Bencana banjir di sejumlah wilayah seperti di Pesisir Selatan Sumatera Barat, Pesisir Utara Jawa yang memutus perjalanan kereta Jakarta-Surabaya, dan beberapa wilayah di Kalimantan mengundang keprihatinan berbagai pihak. Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto Santoso mengimbau mental kebencanaan, termasuk sadar lingkungan harus terus ditingkatkan.

“Bencana hidrometeorologi ini selalu berulang, tanah longsor dan banjir membayangi masyarakat. Pengulangan inilah yang harus jadi perhatian semua pihak, agar bisa diantisipasi. Mental kebencanaan harus terus ditumbuhkan, baik di pihak berwenang terutama kepala daerah dan masyarakat,” ujar KH Chriswanto dalam keterangannya. 

Menurutnya, bencana tidak memilih waktu namun memiliki pola yang jelas. Ramadan tahun ini, saat umat Islam harus menahan diri dan berkutat dengan menahan lapar dan dahaga, harus berhadapan dengan bencana, “Ini kesulitan yang luar biasa namun terdapat hikmah di baliknya. Sudah menjadi sunatullah. Saat kita peduli lingkungan, alam juga memberi manfaat bagi umat manusia. Alam bisa memberi kehidupan dan penghidupan, jangan kita abai pada lingkungan,” tutur KH Chriswanto. 

Menurutnya, selain penanganan saat bencana atau musibah, hal yang sangat penting juga untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi. "Langkah mitigasi bencana harus dilakukan kepala daerah dengan membuat aturan yang jelas dan mengevaluasinya. Mitigasi, penghijauan dan larangan permukiman di wilayah-wilayah rawan longsor. Penghijauan baik di daratan maupun pesisir laut dan sungai, menghindarkan lahan tergerus. Hutan yang terjaga merupakan wilayah penahan air dan banjir," ujar Chriswanto.

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut