get app
inews
Aa Read Next : Lapas Way Kanan Bersama Puskesmas Negeri Baru Gelar Penyuluhan Kesehatan Bagi Warga Binaan

Menilik Cerita Kampung Tua Banjar Masin: Ada Harta Karun di Dalam Sungai dan Makam Keramat

Jum'at, 30 Juni 2023 | 15:45 WIB
header img
Warga yang menemukan emas didalam sungai bukan lah berbentuk emas batangan ataupun emas bubuk seperti yang ditambang tambang, emas yang ada disini yang sering ditemukan sudah berbentuk emas, Foto: Tri Rahman.

WAY KANAN, INewsWayKanan.id - Indonesia tidak hanya kaya dengan pesona alam saja, namun juga ragam budaya yang ada didalamnya begitu mengagumkan yang memiliki cerita cerita dan menarik dari setiap daerahnya. Salah satu cerita rakyat yang akan dibahas Kali ini datang dari Cerita Rakyat kampung Tuha Banjar Masin, Kabupaten Way Kanan Propinsi Lampung.

Kampung tua Banjar Masin sendiri berada tepat di Kecamatan Baradatu, kabupaten Way Kanan. Dan kabupaten Way Kanan merupakan bagian dari Propinsi Lampung, yang dimana Kabupaten nya berbatasan langsung dengan tiga Kabupaten di Propinsi Sumatera Selatan, yakni Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Siang ini INewsWayKanan.id. mencoba langsung turun ke kampung tua Banjar Masin untuk menilik cerita dari warga setempat tentang adanya harta karun yang berbentuk emas yang ada didalam sungai dan adanya makam yang dikeramatkan oleh warga setempat.


Menilik Cerita Kampung Tua Banjar Masin, Foto Makam: Tri Rahman.
 

Saat INewsWayKanan.id. akan menuju Lokasi dimana tempat warga yang sering mencari emas keberuntungan menghampiri dimana langsung bertemu dengan pak RT 02 Banjar Masin yang bernama pak Kemis yang bersedia mengantarkan menuju lokasi dimana warga kampung tua Banjar Masin yang pernah menemukan harta karun yang berbentuk emas. Diperjalanan menuju lokasi kita akan menyusuri rumah rumah warga terlebih dahulu yang cukup padat, dan dimana rumah warga setempat masih ada yang asli berupa rumah panggung yang terbuat dari kayu. Dan untuk perjalanan menuju lokasi sendiri kita bisa menggunakan kendaraan roda 2, dengan jarak tempuh dari jalan lintas tengah Sumatra yang berkisar 2 KM sehingga cukup jauh jika ditempuh dengan berjalan kaki.

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut