get app
inews
Aa Read Next : 5 Permintaan LDII untuk Presiden dan Wapres RI Terpilih

Senator Bustami Zainudin: Agropolitan sebagai Model Pembangunan Ketahanan Pangan yang Berkelanjutan

Sabtu, 21 Oktober 2023 | 07:04 WIB
header img
Senator Bustami Zainudin: Agropolitan sebagai Model Pembangunan Ketahanan Pangan yang Berkelanjutan, Foto: Dokumen Bustami

"Kita ketahui sektor pedesaan adalah tempat utama produksi pangan. Petani di pedesaan menghasilkan berbagai jenis tanaman dan hewan ternak (pertanian dalam arti luas) yang membantu memenuhi kebutuhan pangan lokal dan nasional," ungkap Bustami.

Menurut Senator Bustami, kegiatan pertanian (dalam arti luas) di pedesaan memiliki peran ekonomi yang sangat penting, terutama untuk mengurangi kemiskinan di pedesaan dan menyediakan mata pencaharian bagi banyak orang. Pertumbuhan sektor pertanian di pedesaan juga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih luas sehingga dapat menciptakan peluang untuk perkembangan agroindustri, pemrosesan makanan, dan perdagangan.

Kemudian yang tidak kalah penting adalah perannya dalam “konservasi lingkungan”. Kita tahu, di pedesaan yang masih alami, seringkali memiliki keanekaragaman hayati yang kaya. Oleh karenanya, pengolahan dan pemeliharaan lahan pertanian yang berkelanjutan dan praktik pertanian yang ramah lingkungan dapat mendukung pelestarian lingkungan alam. 

Dalam upaya ini, yang sangat penting dan strategis dilakukan adalah pemberdayaan wanita. Dimana wanita pedesaan memainkan peran penting dalam pertanian dan aktivitas pedesaan. Model pengembangan pertanian yang ramah lingkungan dan melibatkan peran wanita secara produktif dapat menjadi alat pemberdayaan wanita yang sangat efektif dalam masyarakat pedesaan dan akan memberi dampak langsung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Editor : Yuswantoro

Follow Berita iNews Waykanan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut